Batik Indonesia punya cerita

Siapa yang tidak mengenal batik ?

Hampir semua elemen masyarakat di dalam maupun di luar negeri sudah mengenal dengan batik. Batik adalah salah satu jenis kain yang memiliki motif-motif tertentu. Kata batik berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "nitik" yang titik. Proses pembuatan batik Indonesia ini bisa dikatakan lebih spesial dan unik. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatannya yang menggunakan malam, canting sebagai alat ukirnya. Sungguh, proses pembuatan yang membutuhkan ekstra kesabaran dan ketenangan.


Di Negara Indonesia ini batik merupakan ciri khas pakaian tradisional bagi bangsanya atau bisa dikenal sebagai warisan budaya.Salah satu warisan budaya Indonesia ini memiliki banyak cerita. Batik yang penuh dengan lika-liku. Walaupun pada akhirnya batik Indonesia merupakan senyuman bagi bangsa dan warganya :).



1. DIKLAIM 
Batik Indonesia sempat di klaim sama negara lain yang notabene masih satu rumpun dengan bangsa kita, Indonesia yang tidak lain tidak bukan adalah Negara Malaysia. Berita tersebut hampir menggemparkan seluruh masyarakat Indonesia. Protes sana-sani, demo dimana-mana. Masih ingat kan ?

2. BATIK MILIK INDONESIA
Setelah adanya protes sana-sini yang kemudian di dengar oleh Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, maka UNESCO menetapkan bahwa batik adalah warisan budaya milik bangsa Indonesia pada tahun 2009.


3. HARI BATIK
sumber
Dengan adanya pernyataan dari UNESCO tersebut, maka pemerintah Indonesia menetapkan "Hari Batik Nasional" setiap tanggal 2 Oktober. Ini adalah salah satu cara tentang pelestarian kebudayaan Indonesia sekaligus sebagai mempertahankan dan memperkenalkan lebih luas bahwa batik adalah identitas Negeri ini.




4. DIMANA-MANA BATIK
Sejak ditetapkan "Hari Batik Nasional", semua orang menjadi bangga menggunakan batik. Bukan hanya pegawai PNS yang pakai batik kopri, anak sekolah dari jenjang SD-SMP-SMA saja yang pakai batik sekolah mereka, para hadirin kondangan, pejabat2 Negara maupun daerah saja, bapak dan ibu Presiden yang pakai batik, melainkan hampir semua elemen masyarakat menggunakan batik di event-event tertentu termasuk waktu gladi resik wisuda gue dulu, hehe.

gambar batik umum : pejabat berbatik, dokumentasi pribadi


5. BATIK MODE ON
Pakain batik yang biasa itu sudah biasa, tapi pakaian batik masa kini sudah dipadupadankan dengan perkembangan fashion masa kini. Sebagai contoh, pakaian batik yang motifnya dikombinasikan dengan klub-klub bola internasional dan pakain batik khusus perempuan terutama yang modelnya dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat elegan dan eye-catching. Bukan hanya pakaian aja yang berbatik tapi ada barang2 tertentu yang disulap dengan berbahan dasar batik, seperti jaket berbatik, tas berbatik, aksesoris berbatik, maupun sepatu berbatik. Hal tersebut memberi arti kalau "Batik punye gaye"



6. CUKUP ONLINE
Di zaman modern kayak gini yang menyebabkan semua orang menginginkan kemudahan dan kepraktisan,. Memang tidak bisa dipungkiri toko batik sudah ada dimana2, butik batik juga ada dimana2 tetapi tidak perlu jauh2 khusus ke Yogya, Solo, Semarang, atau ke kota-kota di Indonesia untuk berbelanja batik, cukup dengan online a.k.a "batik online" saja, maka *triiiiiiing barang pun langsung datang. Tapi ingat, pilihkan toko batik online yang terpercaya dan berkualitas karena dengan kehadiran merekalah batik masih bisa dilestarikan.  #maaf kalo gak nyambung 



"Sepertilah itulah kisah dan lika-liku batik Indonesia yang penuh dengan cerita"


sumber pustaka :




20 komentar:

  1. yup...

    nice post...

    kalo bisa pake batiknya jangan pas ada acara formal aja...

    acara non formal juga harus pake batik dong... (^_^)

    BalasHapus
  2. Selalu deh spt itu Indonesia klo udh diklaim negara lain baru kebakaran jenggot menyalahkan negara lain. Bkn hanya batik yg perlu kita jaga & banggakan tp aset2 negara Indonesia perlu dijaga. Tunjukkan klo Indonesia bkn negara yg bs diremehkan, biarkan negara lain mengatakan Indonesia, negara antah berantah tp kualitas Indonesia nomor WAHID baik budaya & SDM nya & satu hal lg Indonesia jngan mudah t'pengaruh dng budaya asing yg msk

    BalasHapus
  3. Batik memang sudah bukan busana yang dianggap "terlalu formal" apalagi untuk anak muda. Sekarang ini, sudah banyak anak muda yang senang untuk menggunakan batik karna memang sudah banyak batik yang modelnya mengikuti perkembangan zaman yang sudah modern.

    Batik juga sudah bisa mendunia, betapa bangganya gw pribadi disaat orang asing yang menggunakan batik Indonesia dan tau klo batik yang mereka pakai itu asalnya dari Indonesia. So, how proud we are as Indonesian punya batik sebagai salah satu warisan bangsa yang bisa dijadikan sebagai identitas/ciri negara Indonesia

    BalasHapus
  4. Excellent!!!
    Bangga banget bisa menjadi anak bangsa Indonesia yang memiliki berbagai aneka ragam warisan budaya, salah satunya ya "Batik". Sebagai generasi muda kita seharusnya terus melestarikan peninggalan nenek moyang kita itu, jangan sampai setelah diakui oleh negara lain baru deh nyesel seperti kasus-kasus sebelumnya (reog ponorogo dan masakan terlezat di resto padang yaitu rendang). Tapi ga perlu menyesal karena "we just need improve our self to be better and no need regret more because it was happen".

    Batik itu keren loh, sampai-sampai tourist aja kalau lagi ngelancong ke indonesia belinya Batik. bangga ga tuh? bangga abis dong yah pastinya Indonesia bisa dikenal sampai ke mancanegara karena batiknya :D So, we must proud to be Indonesian!!! sekarang kalo ga pake batik, ga gaul namanya :D hehe

    BalasHapus
  5. setuju .
    zaman dulu pke batik cm bwt dtng ke pernikahan dan dijamin bwd acara formal .
    klw skrg pke batik dan dipadu dg masa kini, pke batik bs jadi modis dan bs bwd ke acara soft formal

    BalasHapus
  6. Kalo batik yang sekarang terlalu formal, jadi kebanyakan yang menggunakan batik hanya orang tua ya itu juga buat kerja,kondangan dan anak sekolah biasanya . Saran aja Batik perlu di desain sekreatif mungkin kaka . Supaya dapat lebih menarik warga indonesia untuk memakainya . Nanti kalo sudah mmempunyai desain menarik dengan sendirinya banyak yang menggunakan batik di setiap harinya .

    BalasHapus
  7. kalo diliat2 sih masih jarang anak muda yg mau pake batik , bukan krn gak bangga, tp lebih kpd krn emang batik cuma cocok dipake di acara2 tertentu aja. ya apapun itu, kayaknya sih gak ada yg gak bangga ya sama batik. tp emang mungkin designya ini yg harus lebih di modif lagi hehe

    btw, itu gambar sepatu batiknya keren..

    BalasHapus
  8. Nice Share..

    Ada bagusnya juga Batik pernah coba-coba diakui negara tetangga karena sejak itulah anak bangsa ini lebih bisa menghargai budaya warisan nenek moyang kita yang satu ini hingga sekarang jadi trend dimana-mana, tidak hanya di Indonesia, tapi secara global. :D

    BalasHapus
  9. Helo kak Qona, ini Dinna hehe
    Soal Batik, alhamdulillah yaaa sekarang batik udah ga dianggep kuno lagi, udah ga dipake cuma pas kondangan aja hehe.
    Bahkan di fakultas aku ada hari khusus Batik meskipun belum semua mahasiswa pake sih, semoga aja ke depannya Batik tetepa lestari yah, ga cuma dipertahankan, diperjuangkan, dan dikenakan saat ada Bangsa lain yg merebut saja, amin! :))

    BalasHapus
  10. saya bangga pake batik, produk asli indonesia. semoga semakin banyak yang terinspirasi dan bangga mengenakan batik :D

    BalasHapus
  11. Pokonya, kita harus jaga batik kita. jangan sampai di rebut orang. Koment balik ya
    http://amir-silangit.blogspot.com/2013/01/batik-warisan-budaya-yang-harus-di-jaga.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus!
      FIGHTING ! hehe

      Baiklah, terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  12. Mantap tulisannya...ini dia anak muda cinta batik!
    Slam penuh persahabatan dari one sm
    http://iwansmtri.blogspot.com/2013/01/orang-indonesia-tak-punya-batik-apa.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih pak.
      Anak Indonesia memang harus mencintai dan menghargai budaya Indonesia.

      Makasih loh pak sudah mampir.
      salam hormat

      Hapus
  13. batik batik dan batik :)
    berbatik kian cantik :D

    Mampir ya ke tulisanku di http://argalitha.blogspot.com/2013/01/berbatik-menambah-pesona-diri.html :)

    eh akhirnya nemu blog kamuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantik ? Aku yang cantik maksudnya kaka litha ? Makasih, haha

      Siap, komandan!

      Wah, butuh perjuangan ya ka buat nemuin blog aku :p

      Hapus
  14. eh ikutan kontes berbatik juga ternyata. agak aneh kalo kamu nulis agak serius, xixixi lebih cocok gocol :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ho oh mba windi.
      Mencoba ikut begitu-gituan, hehe.

      Hahahahaha
      Mungkin emang passion aku cocok tulisan yang gocol sama gokil kali ya. Yeay

      Hapus