"Kata itu" Tempo doeloe VS z4m4N C3k4R4n9

Hallo pemirsa. Jumpa lagi dengan saya di program acara kesayangan kita semua "Masa-Masa GUE". *tepuktanganheboh*. Kali ini kita akan membahas tentang Kata itu Tempo doeloe VS z4m4N C3k4R4n9. Kali ini juga akan mendatangkan narasumber spesial. Penasaran apa yang akan kita bahas nanti seperti apa ? Kita jeda iklan dulu. We'll be right back. Perpacu dalaaaaam melodiii........ *berasa host*

Belakangan ini gue lagi demen banget nonton Si Doel. Jadi, sesuai judul. Gue akan ngebahas yang berbau zaman doeloe. Kalo diliat2 dari judul, ini bukan ngebahas dunia 4L4y gitu kok. Kalem aja. Gue cuma mau mengajak kalian "mengenang". Oia, sebelumnya gue juga pernah ngebahas topik yang lainnya bisa di check disini http://ow.ly/llFC7 . Yasudahlah daripada kelamaan.



IJOLUMUT - JOJOBA
Nah, inget gak ? IJOLUMUT itu singkatan dari Ikatan Jomblo Lucu dan juga Imut --". Itu doeloe kata-kata yang lagi booming banget. Kira2 waktu gue masih SD sampai SMP apa ya kalo gak salah tuh sebutan itu. Eeh, tapi ada lagi nih JOJOBA, singkatan dari Jomblo-jomblo Bahagia -___-. Beeeuh, edan ya. Menurut analisa gue, asik. Dulu kalo lo jomblo berarti lo keren, man!. Buktinya ya itu. Dunia mengganggap keberadaan lo, oke gue lebay. Sampai2 para jomblo-jomblo itu membuat sebuah komunitas, IJOLUMUT - JOJOBA. Benar2 contoh jomblo yang solid.

Kalo z4m4N C3k4R4n9, sebutan IJOLUMUT - JOJOBA itu terlalu mainstream. Jadi, sekarang para jomblo lebih akrab dengan sebutan SINGLE. Kata mereka jomblo itu nasib, single itu pilihan. Oh no!


SETIA KAWIN
HAHAHA. Kalo dipikir apapula itu ya setia kawin. Emang bener2 ada-ada aja ya tempo doeloe. Setia kawin itu semacam plesetan dari setia kawan. Waktu gue SMP nih kata-kata itu sering banget disebut. Gue kasih contoh ya penggunaan kata itu :

"eeh, entar lo bisa gak dateng ke bla bla bla bla."
"aduh, gue gak bisa soalnya bla bla bla bla."
"aaaaaa. Gak setia kawin lo mah."
"......."

Kalo z4m4N C3k4R4n9, kata itu udah jarang banget disebut. Kalo lo masih nyebut kata itu, maka ketahuanlah lo kelahiran generasi ke berapa. HAHA. Menurut gue, sekarang kata setia kawin diganti dengan kata "GAK ASIK LO!". Begitulah kira2. Terlihat lebih modern dan gahol. Yoyoyyoy what's up bro!. Jaenap is in the house, beybeh -___-



BONYOK a.k.a Bokap Nyokap
Entahlah itu kata berasa dari mana tempo doeloe. Tapi itu terlihat asing pada awal mulanya. Terdengar agak2 gimana gitu.

Kalo z4m4N C3k4R4n9, mungkin masih ada yang memakai kata2 itu. Tapi hanya sebatas memanggil salah satu aja bukan dua2-nya. Bingung ? Samaaa .__. Menurut gue, sekarang beberapa orang sudah tidak menggunakan kata itu melainkan sebutan "Papa, Ayah, Mama, Ibu". Apalagi buat orang yang lagi pendekatan, asik. Biar terlihat lebih romantis. Berikut contohnya :

"Aku main ke rumah kamu ya"
"Boleh. Jam berapa ? Tapi ......"
"Jam 10-an deh ya. Tapi apa ?"
"Ada ayah aku di rumah."


atau

*lagi sms-an*
"Kamu udah nyampe rumah ?"
"Iya, alhamdulillah udah."
<< biar terdengar syariah, HAHA
"Jangan lupa makan ya terus sholat. Salam buat papa sama mama kamu ya." << sms syariah




BOKIN
Aduh, geli gue ngetiknya. HAHA. Yang ini terlihat zaman doeloe banget. Bokin itu bearti pacar. Kata bokin ini gue juga masih penasaran bawaan dari mana itu kata. Apa itu gara2 bawaan dari kata bonyok ? sama2 berawalan bo- gitu ? Entahlah. Doeloe pada pamer banget nih org2 yang berstatus punya bokin. Kira2 begini contohnya :

"Eeh, kenalin nih bokin gue, cakep kan ?" << pede berat
"Cakep banget, bohay" << bohay -_-

Kalo z4m4N C3k4R4n9, menurut gue, bokin diganti dengan kata GEBETAN. Iya gak sey ? Iya aja ya *maksa*. Di dunia maya kata Gebetan sering banget terlintas di timeline. Yah, walaupun gebetan itu belum bearti pacar. Sabar ya. HAHA




GAGAGIGIGUGU (BAHASA G)
Waaaaaaaah, kalo yang ini. Mainan gue waktu doeloe, waktu SD. Bahasa G. Kocak banget. Jadi, doeloe bahasa G itu semacam kode. Maksudnya gini kalo lo sama temen lo lagi pengen ngomongin sesuatu yang berbau rahasia tapi di depan umum (aneh ya rahasia tapi malah disebar di tempat umum, kelakuan) bisa pake bahasa G. Gak ngerti atau lupa sama bahasa G ? Gue jelasin dulu ya. Bahasa G itu adalah bahasa yang diselipin huruf G di setiap kata tersebut. Gue contohin ya.

"Guguaga segebegenegernyaga sugukaga sagamaga digiaga tagapigi guguaga magalugu"
terjemahan
"Gua sebenernya suka sama dia tapi gua malu"

atau

"eeh, kogok egulugu magaugu tegemenagan sagamaga digiaga sey ?"
terjemahan
"eeh, kok lu mau temenan sama dia sey ?"


Doeloe gue juga gak bisa tuh bahasa G waktu SD. Gue cuma bisa dengerin temen gue doang pada ngomong gitu. Trus gue nanya deh gimana biar bisa ngomongLambatlaun hampir sekelas pada bisa ngomong bahasa G. Yaaah, alhasil kalo lo ngomong rahasia pakai bahasa G yah bakalah ketebaklah ya wong yang lain udah pada ngerti, kelakuan anak SD memang.

Kalo z4m4N C3k4R4n9, bahasa G sudah musnah. Doeloe bahasa G itu hanya sebatas ucapan bukan tulisan. Tapi di era modern ini, timbul bahasa G4hOL + bahasa ceperti dede ayi (seperti anak bayi) bukan dalam ucapan tapi dalam tulisan. Gue beri sedikit contoh :

"L!4t d3cH tUL!z4nN 4qYuh, k3R3n Ab!!3eZz dUn9s ?"
terjemahan
"Liat deh tulisan aku, keren abis dong ?"

atau

"iiih, cabar ya camuh. cemungud dong. Sini akyu peyuk :*
terjemahan
"iiih, sabar ya kamu. Semangat dong. Sini aku peluk :*

Tapi jangan sepelekan bahasa G4hOL + bahasa ceperti dede ayi (seperti anak bayi). Beberapa puluh tahun kemudian, Bahasa macam itu akan menjadi bukti pasca sejarah, ya bukti adanya era modern. Lestarikankan budaya itu demi anak cicit kita kelak. HAHA



Selamat mengenang "Kata itu"

22 komentar:

  1. akkkk bisa aja lo mah... :))

    BalasHapus
  2. benar juga ya..hahaha... salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Naah! ketauan kan lo pasti generasi tahun .... ah sudahlah :))

      Hapus
  3. ah, sayah mah pengen normal-normalaja bahasanya sesuai EyD haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiih
      Bearti lo salah satu pemuda teladan lih, hah! *apadeh

      Hapus
  4. Wkwk, w prnah dnger tuch tmen w pke bhs g, ngdnger y za dah pusing, apalgi nerjemahin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Maklum bahasa waktu SD.
      Waktu dulu mah asik2 aja ya ngedengernya soalnya belum terkontaminasi sama bahasa laen :D

      Hapus
  5. Ketawa geli baca postingan ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha
      geli ya ? berasa dikelitikin :D

      Hapus
  6. salam.
    kunjungan pertama gue ni.
    follow balik ye
    http://jingkis.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam salam salam
      Wah, makasih dian udah berkunjung

      Hapus
  7. walah baru tau gue ada bahasa setia kawin, sekarang nama band tu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha
      berarti pas gue SMP dulu, terlihat terlalu ababil ya --"

      Itu SETIA BAND, haha. Wah, lo pasti fans-nya ya ? kiiiw

      Hapus
  8. hay mblo lama nggak ngrecokin disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah
      Cie kangen cieeeeeee :p

      Mbloo
      Lo kemana wae baru aktif lagi ? Piye kabare ?

      Hapus
  9. Moahahahahah...

    Kakak konyol, iya iya sebagian inget, sebagian enggak.


    Happy blogging!!

    Mampir juga ya ke blogku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah, hahaha

      Aduh ade unyu2 ini :p
      Ingetan yg lumayan tokcer.

      IYES!

      Ho oh, segera meluncuuuuurr *tring*

      Hapus
  10. Blum ada postingan yg baru lagi ya Kak?! Padahal seru lho meskipun baru pertama maen ke sini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AW AW AW AW, kamu ini shandy :***

      Iya, kmrn lagi sibuk jadi agak jarang nge-post. Udah ada tulisan baru loh :D

      Hapus